Assessment of, for, and as learning
Assessment of learning merupakan penilaian yang
dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Proses pembelajaran selesai
tidak selalu terjadi di akhir tahun atau di akhir peserta didik
menyelesaikan pendidikan pada jenjang tertentu.
Setiap pendidik melakukan penilaian yang dimaksudkan
untuk memberikan pengakuan terhadap pencapaian hasil belajar setelah proses
pembelajaran selesai, yang berarti pendidik tersebut melakukan
assessment of learning. Ujian Nasional, ujian sekolah/madrasah, dan
berbagai bentuk penilaian sumatif merupakan assessment of learning
(penilaian hasil belajar).
Assessment for learning dilakukan selama proses
pembelajaran berlangsung dan biasanya digunakan sebagai dasar untuk melakukan
perbaikan proses belajar mengajar. Pada assessment for
learning pendidik memberikan umpan balik (fast feedback) terhadap proses belajar
peserta didik, memantau kemajuan, dan menentukan kemajuan belajarnya.
Assessment for learning juga dapat dimanfaatkan
oleh pendidik untuk meningkatkan performa peserta didik. Penugasan, presentasi,
proyek, termasuk kuis merupakan contoh-contoh bentukassessment for learning
(penilaian untuk proses belajar).
Assessment as learning mempunyai fungsi yang
mirip dengan assessment for learning, yaitu berfungsi sebagai formatif
dan dilaksanakan selama prosespembelajaran berlangsung. Perbedaannya,
assessment as learning melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan
penilaian tersebut.
Peserta didik di-beri pengalaman untuk belajar menjadi
penilai bagi dirinya sendiri. Penilaian diri (self assessment) dan
penilaian antar teman merupakan contoh assessment as
learning.
Dalam assessment as learning peserta didik juga
dapat dilibatkandalam merumuskan prosedur penilaian, kriteria, maupun
rubrik/pedoman penilaian sehingga mereka mengetahui dengan pasti apa yang
harus dilakukan agar memperoleh capaian belajar yang maksimal.
Selama ini assessment of learning paling dominan
dilakukan oleh pendidik dibandingkan assessment for learning
dan assessment as learning. Penilaian pencapaian hasil belajar seharusnya
lebih mengutamakan assessment as learning dan assessment for
learning dibandingkan assessment of learning.
No comments:
Post a Comment